Saturday 22 July 2017

MENGOBATI MATA MERAH DAN BENGKAK KARENA INFEKSI


Oke. Hari ini aku mau sharing mengenai sakit mata yang aku derita semenjak Senin 16 Juli 2017. Tulisan ini sekedar pengingatku aja, kalau-kalau sakit yang sama menimpaku lagi dan aku ga perlu ke dokter lagi karena aku sudah tahu obat apa yang pernah aku konsumsi.

Jari ceritanya nih malam hari sebelumnya mataku terasa gatal. Biasanya kalau mataku gatal aku selalu meneteskan obat tetes mata, tapi berhubung malam itu aku tidak membawa obat tetes mata akhirnya mataku aku kucek. Tidak puas dengan cara mengucek, kemudian aku menggaruk mataku dengan kuku telunjuk. Mungkin posisinya tanganku sedang tidak bersih karena sampai rumah juga aku langsung tidur dan tidak sempat membersihkan diri.

Akhirnya aku terbangun tengah malam karena terasa ada sesuatu yang masuk kedalam mataku, kupikir itu semacam benda dan lagi-lagi aku memegang mataku menggunakan tangan. Pagi hari ketika aku bangun tidur, aku sudah punya feeling bahwa mataku pasti merah dan bengkak. Benar saja ketika aku melihat cermin.

Awalnya sih tidak terlalu bengkak. Aku pergi ke apotek dan membeli obat tetes mata dan dua jenis obat untuk diminum karena mataku selain bengkak dan merah, juga terasa perih, panas dan nyut-nyutan. Sampai malam hari aku tidak merasakan perubahan apapun pada mataku. Justru ketika bangun tidur pada hari Selasa 18 Juli 2017 mataku semakin membengkak.

Masih di pagi itu Selasa 18 Juli 2017 aku berinisiasi ke dokter namun kuurungkan karena aku membeli salep mata dan juga obat lainnya. Masih tidak ada perubahan dan pagi harinya 19 Juli 2017 tepatnya hari Rabu, mataku sangat bengkak lebih dari dua hari kemarin. Aku putuskan untuk ke rumah sakit saja.

Pagi hari Rabu 19 Juli 2017, kuurungkan niat ke rumah sakit karena orang terdekatku menyarankan ke BKMM NTB (Aku skip bagian dimana seorang perawat menanyai mataku namun dengan nada 'ngajak berantem'). Akhirnya dokter yang sesungguhnya menjelaskan bahwa mataku memang terkena infeksi dan memberikan beberapa resep obat.

Sore hari mataku sudah terlihat semakin membaik dan pagi hari Kamis 20 Juli 2017 bengkak sudah menghilang dan mata merah juga sudah membaik. Nah berikut obat yang aku konsumsi selama aku sakit.

1. Bersihkan Mata

Nah sebelum mengoles, menetes dan meminum obat yang diresepkan oleh dokter.
Pertama-tama mataku dicuci dengan shampoo bayi untuk membersihkan sisa-sisa salep yang masih menempel.

2. Oleskan Salep

Salep yang diresepkan oleh dokter adalah Cendo Xitrol Steril Eye Ointment. Ini aku oleskan 4x dalam sehari hanya untuk kelopak mata kanan atau bagian mataku yang membengkak pasca dibersihkan dengan shampoo baby


Salep Untuk Kelopak Mata

2. Obat Tetes

Untuk obat tetes mata, masih miliknya Cendo dokter meresepkan agar aku meneteskan mata 6 kali dalam sehari setiap 3 jam. Obat tetes ini tidak perih, tidak seperti obat pertama yang aku beli dan terasa membakar di mata.


Obat Tetes Mata

3. Kaplet Dextamine

Dokter juga merepkan obat untuk aku minum yakni Dextamine (Dexamethasone 0,5 mg, Dexcloropheniramine Maleate 2 mg) yang diminum 3 kali dalam sehari. 

Kaplet Dextamine

4. Tablet Coroflox 500 

Nah obat yang terakhir adalah Coroflox 500 Ciprofloxacim HCl yang aku minum 2x dalam sehari.



Tablet Coroflox 500

Bagaimanapun juga lebih baik mencegah daripada mengobati, dan aku juga bukan dokter yang berhak untuk memberikan saran dalam hal obat medis apapun dan untuk siapapun. Tulisan ini aku buat untuk diri pribadi. 

Jadi hikmah yang bisa aku petik dari pengalaman ini adalah:

1. Makan makanan yang bergizi khususnya yang bagus untuk kesehatan mata 
2. Jangan mengucek mata dengan tangan 
3. Jika mata terasa gatal atau kemasukan benda asing, jangan dikucek, sebaiknya dibersihkan dengan cara mengalirkan air 




No comments:

Post a Comment

She's Coming Out Early!

Qalisha Syakira Ilham  She's Baby Qa Sebelumnya, janjian sama ayahnya mau barengan ulang tahun di Desember 28. Tiba-tiba tadi mala...