Tuesday 10 July 2018

PEREMPUAN ATAU LAKI-LAKI?



#16WeeksPregnant


Bunda mau minta maaf sama junior kalau selama ini ngerasain capeknya bunda atau mungkin stressnya bunda. Padahal ayah juga udah bantu semua pekerjaan rumah dan selalu nenangin bunda.

            Bunda mau cerita, bunda sama ayah sekarang lagi nabung. Nabung untuk ketemu anak pertamanya bunda dan ayah juga nabung untuk bangun rumah sendiri. Mau tinggal dimana nanti dek, rumah ayah yang didalem atau calon rumah kita yang di bangket? Bunda sih anywhere as long as I can close with you and ayah, sama adek-adeknya junior juga nanti.

            Bulan kemarin bunda udah cerita kan ya kalau  bulan ini adalah bulan prediksi jenis kelamin dan janji dokter mau dengerin bunda detak jantungmu. Soalnya selama ini cuma ayah aja yang bisa denger suara jantungmu, bunda mana bisa. Bunda sering raba-raba detak jantungmu lewat perut bunda, tapi ga ada. Tapi Allah Maha Adil, walaupun bunda ga bisa denger suara detak jantungmu, bunda bisa ngerasain tendanganmu, hihihihi. Seneng ya gerak-gerak di perutnya bunda? Bunda bahagiaaaaa banget, ga bisa di ungkapkan dengan kata-kata pokoknya tiap kali kamu gerak.

            Oh ya ayah udah ada prediksi loh jenis kelamin, ayah sih bilangnya laki-laki. Mungkin karena Onty Vita dulu nikahnya rajab juga dan dia anak pertamanya laki-laki. Bunda awalnya juga ngerasa kamu laki-laki, bunda pertama mimpi anak laki-laki. Kedua bunda mimpi anak perempuan dan bunda yakin nih bakalan lahiran permpuan. Alhamdullah jadi tameng dari api neraka ya. Nah bunda udah persiapan nama loh, pokoknya kalau perempuan bunda mau kasi nama Q.

                        Bunda mau banyak cerita ke om dokter kali ini, mau pastiin aja sih. Lebaran tupat kemarin kan bunda jatuh waktu cuci piring dirumah Ninik Jogot, kata beberapa keluarga kita yang bidan sebenarnya baik-baik aja yang penting ga da bercak darah. Ayah juga meyakini bunda kalau kamu sudah dilengkapi perlengkapan canggih oleh Allah untuk melindungimu. Tapi namanya juga kehamilan pertama ya, ya bunda gelisah aja.
            Bunda juga kasi tau om dokter kalau bunda mulai mual muntah lagi dan bunda juga pusing sekali akhir-akhir ini. Kata om dokter sih wajar-wajar aja, memang kadang berubah-ubah. Ya termasuk waktu bunda bilang kalau setelah pipis bunda suka keluar keputihan yang terlalu cair, juga kata om dokter itu lumrah aja karena perubahan hormon.

            Kalau sakit pinggul dan pinggang sih memang wajar aja ya bunda juga bacanya gitu di jurnal penelitian. Hal ini terjadi karena perkembangan janin, Alhamdulillah, anaknya bunda sehat alhamdullillah.

            Agak deg-degan ya waktu om dokter mempersilahkan berbaring mau diperiksa. Dan kata om dokterrrr, kamu cantik yang artinya adalah perempuan. Alhamdulillah Ya Alloh, bunda ga tau lagi mau bilang apa, bunda udah membayangkan bakalan pake in jilbab, gamis, kita masak bareng, ke pasar bareng, bantu bunda di pekerjaan rumah, berbagi perlengkapan make up, aduh bunda udah membayangkan itu semua.

            Tapi kenapa kok om dokter di belakangin dek? Malu ya? Hahhahaha

            Alhamdulillah semua hasil pemeriksaan bagus dan tidak ada kelainan. Mulai dari otak, jari kaki dan tangan, mata dan hidungmu loh kelihatan, mancung kayak bunda, hahahha. Tulang punggungnya juga bagus. Dokter bilang kamu lagi seneng nekuk kaki, bener ya?

            Bunda lihat jari-jarimu, dibantu hitung sama om dokter, ayah juga ngeliat sambil senyam-senyum bahagia, alhamdulillah lengkap ya ada 5. Dokter juga ngasi lihat detak jantungmu dan ngasi bunda denger detak jantungmu. Yeeeyyyy akhirnya bunda denger juga ya, Alhamdulillah.

            Dokter bilang kamu sehat-sehat selalu termasuk berat badannya dan dokter bilang kalo bisa naiknya 2 kilo aja setiap bulan. Masih tetap ingetin bunda untuk makan-makanan yang sehat juga, makanan pokok, karena percuma banyak vitamin tapi makanan pokok ga masuk.

            Entah ayah sudah mempersiapkan dari awal prediksi nama laki dan perempuan atau gimana ya, kalau bunda mau ngasih nama Q. Tapiiiii ayah bilang mau ngasi kamu nama FA eh bukan deh SY. Kalau bunda gabung jadi SQI, piye nduk?

            LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN PERKEMBANGAN JUNIOR

1. LMP : Last Menstrual Period

Hari pertama haid terakhir 20 Maret 2018.

2. EDD (LMP)

Taksiran persalinan berdasarkan tanggalan menstruasi 27 Desember 2018

3. GA : Gestational Age

Perkiraan umur kehamilan 16 Weeks 2 Days

4. GS : Gestasional Sac

Ukuran kantong kehamilan 1.89 Cm

5. BPD : Biparietal Diameter

Ukuran diameter tulang pelipis kiri dan kanan, untuk mengukur usia kehamilan trimester dua / tiga 54.62%

6. FL : Femur Lenght

Ukuran panjang tulang paha bayi, untuk mengukur usia kehamilan trimester dua / tiga 1.94 Cm

7. HC : Head Circumferensial (Lingkaran Kepala)

Ukuran lingkar kepala, untuk mengukur usia kehamilan trimester dua / tiga 15.38%

8. AC : Abdominal Circumferencial

Ukuran lingkaran perut bayi, untuk mengukur usia kehamilan trimester dua / tiga. Jika dikombinasikan dengan BPD akan didapat perkiraan berat bayi 17.71 %

9. FW : Fetal Weight

Berat Bayi 155 g

10. F-HR : Fetal Heart Rate

Frekuensi Jantung Bayi 159 x/m

No comments:

Post a Comment

She's Coming Out Early!

Qalisha Syakira Ilham  She's Baby Qa Sebelumnya, janjian sama ayahnya mau barengan ulang tahun di Desember 28. Tiba-tiba tadi mala...