Tuesday 8 May 2018

NGAPAIN USG? BUANG-BUANG UANG AJA!


Menjawab Nyinyiran

Selain kalimat “Ngapain USG? Buang-buang uang aja! Aku aja dulu ga pernah tuh USG, kalau ga disuruh bidan ga usah dah USG”  ada juga kalimat yang bilang “ga perlu USG sekarang, biar nanti jadi kejutan aja apa yang dikasi Allah. Aku dulu waktu hamil ga pernah USG”

Tunggu-tunggu, USG isn’t just about knowing a type of sexual but more than that. Kehamilan satu dua bulan memang belum bisa kan lihat jenis kelamin. But we will know so much information about our baby.

Di lansir dari Jurnal Penelitian Syahrul Imardi dan Kalamulllah Ramli tentang Pengembangan dan Pengkayaan Fungsi Antarmuka Perangkat Lunak Untuk Visualisasi dan Analisis Citra Ultrasonografi, berikut manfaat-manfaatnya:

1.      USG dapat menjadi pilihan untuk mendiagnosa kelainan didala tubuh dan pemeriksaan kehamilan karena tidak mengandung resiko yang membahayaan seperti resiko yang ditimbulkan dari dari peralakan diagnostik yang menggunakan zat radioaktif.

Sedangkan dilansir dari junal penelitian Restriksi Penyelenggaraan Pelayanan RadiologiDalam Hal Penggunaan Ultrasonografi (USG)Oleh Bidan Praktik Mandiri yang ditulis oleh Gusti Ayu Utami, menjelaskan banyak manfaat USG yang pada tahun 1960 yang dirintis olehProfesor Ian Donald, dikutip dari (Mellyna Hulliana, 2001. Panduan Menjalani Kehamilan Sehat, Jakarta: Puspa Swara, p. 78),diantaran

1. Keadaaan Janin
2. Cairan Ketuban
3.  Letak Plasenta Dan Mengukur Besarnya RahimUntuk Memperkirakan Berat Badan Janin
4.  Usia Kehamilan
5. Jenis Kelamin Janin

Budiarti Indri. 2006. Buku Ajar Ultrasonografi Dasar Obstetric Dan Ginekologi. Bandung. OBGIN FK UNPAD,indikasi utama pemeriksaan USG trimester pertama adalah untuk:

1.        Mendiagnosa letak buah kehamilan (intra atau ekstrauterin)
2.         Menilai komplikasi kehamilan dini (telur kosong (blighted ovum), abortus)
3.         Mendeteksi kehidupan janin

Masih di kutip dari Jurnal Gusti Ayu Utami, Beberapa manfaat USG kehamilan, yaitu :

1.    Diagnosis dan konfirmasi awal kehamilan;
2.    Melihat posisi dan kondisi plasenta;
3.    Memeriksa denyut jantung janin;
4.    Mengetahui jumlah janin yang dikandung ;
5.    Menghitung usia kehamilan dan berat janin;
6.    Mendiagnosis kelainan janin;
7.    Memeriksa jumlah cairan ketuban;
8.    Mengetahui jenis kelamin bayi.

            Masih banyak tentunya manfaat lainnya. Tapi tiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyikapi kehamilan dan pandangannya juga tentang kehamilan. Haruskah kita menyalahkan? Nasihat OK, tapi menyalahkan JANGAN.

Saya tetap menghargai pendapat yang mengatakan ‘Ngapain USG buang-buang uang aja!’ atau pernyataan ‘ga perlu USG sekarang, biar nanti jadi kejutan aja apa yang dikasi Allah’. Saya ga bilang itu salah, ya itu kan pandangan masing-masing individu, saya juga gak mau banyak nyinyir. Anda ya anda, saya ya saya, saya tidak bisa membuat semua orang bahagia dengan apa yang mereka ingin saya lakukan. Wong saya baktinya sama suami, orang tua dan mertua kok :D

Semua ini saya lakukan juga untuk anak-anak saya.

No comments:

Post a Comment

She's Coming Out Early!

Qalisha Syakira Ilham  She's Baby Qa Sebelumnya, janjian sama ayahnya mau barengan ulang tahun di Desember 28. Tiba-tiba tadi mala...